Shopping Cart Details


Order Details Amount
GRAND TOTAL:

Please choose a checkout option.
No personal data required.

Send in Orders

It's Quick & Easy! Details here will not be published.

Please include messages to us here.

WAJIB TAHU!!! Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Remaja


WAJIB TAHU!!! Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Remaja

Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja – Membahas tentang hair fall atau rambut rontok seperti tidak ada habisnya. Semua orang pastinya pernah mengalami hal tersebut.

Sebelum membahas penyebab aslinya, kalian harus tahu dulu siklus pertumbuhan rambut itu sendiri yaitu ada 3 fase yaa.

3 Fase Pertumbuhan Rambut

1. Fase anagen

Ini adalah fase pertumbuhan rambut aktif, dimana sel-sel yang baru mendorong sel-sel yang lebih tua keatas. Nah fase ini lamanya 2 – 6 tahun.

2. Fase katagen

Ini adalah fase transisi yang lamanya itu 1 – 2 minggu dan difase ini terbentuk rambut gada atau club hair.

3. Fase telogen

Ini adalah fase istirahat, dimana rambut itu tidak bertumbuh. Nah diakhir fase telogen inilah rambut yang lama akan lepas digantikan dengan rambut yang baru. Rambut yang lepas inilah yang kita suka bilang dengan rambut yang rontok.

Jadi sebenarnya kerontokan rambut itu normal yaa, asalkan rambut yang rontok itu jumlahnya sekitar 50 sampai 100 helai perhari. Nah jadi apa saja si kebiasaan penyebab rambut rontok?

Penyebab Rambut Rontok


1. Cuci rambut dengan air panas

Kenapa? Karena pertama air panas itu meyebabkan dehidrasi batang rambut akhirnya rambut akan jadi rapuhm, patah dan jadi mudah rontok. Yang kedua, air panas akan membilas minyak alami rambut menyebabkan kulit kepala makin kering dan merusak akar rambut dan rambut akan jadi rontok.

2. Paparan berlebihan dari bahan kimia dan suhu panas

Contohnya cat rambut, hairspray, catokan dan hair dryer. Cat rambut mengandung bahan kimia seperti emonia yang menyebabkan rambut lebih rapuh dan mudah rontok. Sedangkan catokan, hair dryer yang bersuhu panas akan menyebabkan denaturasi protein keratin atau perusakan protein batang rambut. Sehingga mengganggu keseimbangan kelembaban rambut dan akan menyebabkan rambut menjadi gampang patah.

3. Menyisir rambut yang basah

Air akan mensaturasi rambut menyebabkan kutikula rambut menjadi terkelupas dan akhirnya rambut akan jadi lebih gampang patah dan rontok. Kutikula rambut itu seperti yang melapisi rambut, ibaratnya seperti sampul yang melapisi buku. Selain itu menggosok gosok rambut basah secara keras dengan handuk akan memperparah kerusakan dari kutikula rambut.

4. Mengikat rambut terlalu kencang

WAJIB TAHU!!! Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Remaja

Nah ini untuk kalian yang suka dikuncir yaa. Mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan stres dan tarikan pada rambut. Rambutpun jadi tegang terjadi kerusakan atau destruksi folikel sehingga rambut jadi rontok. Istilah medisnya yaitu traction alopecia. Selain itu tarikan ini juga bisa disebabkan oleh hair extantion, jadi rambut akan jadi berat. Dan juga disebabkan karena rambut yang terlalu panjang. Kenapa? Karena batang rambut akan jadi lebih berat dari pada yang bisa disangga oleh akar rambut. Akhirnya terjadi tarikan kebawah oleh gravitasi. Nah rambut yang diikat saat tidur juga bisa menyebabkan tarikan yang berlebihan pada akar rambut.

5. Garuk-garuk kepala

Kulit kepala yang gatal apapun penyebabnya kalau digaruk akan menyebabkan kutikula rambut jadi terkelupas. Rambut jadi mudah patah terus rontok, bahasa medisnya yaitu scratching induced hair damage.

6. Paparan berlebihan dari sinar UV

Sinar UVA menyebabkan perubahan pigmen rambut, jadi rambut kalian akan berwarna jadi lebih terang. Sedangkan UVB menyebabkan degradasi protein keratin atau protein pembentukan batang rambut.

7. Jarang keramas dan menggunakan dry shampoo

Kalian tahu nggak sih? Kalau kalian itu tidak keramas dan kalian palah pakai dry shampoo. Sel kulit mati, kotoran, debu, minyak dan segala macam itu nggak akan hilang dia akan tetap menempel di kulit kepala kita menyumbat folikel rambut akhirnya pertumbuhan rambut jadi terhambat.

8. Stress

WAJIB TAHU!!! Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Remaja

Stress secara psikologis dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yaitu peningkatan hormon kortisol dan saraf  simpatis meningkat yang kemudian akan mengalirkan darah ke organ organ utama di central tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal dll. Efeknya darah yang mengalir ke kulit kepala akan menurun, nutrisi rambutpun akan berkurang dan itu akan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.

9. Diet berlebihan

Ini untuk kalian yang suka diet pasti rambut kalian rontok kan? Ketika kalian diet berlebihan nutrisi yang masuk ke tubuh kalian itu kurang dari yang seharusnya. Badan kalian jadi lapar, akhirnya energi dan nutrisi yang ada, cadangan makanan yang ada itu akan digunakan lagi dan lagi untuk organ – organ tubuh yang penting seperti jantung, otak, hati. Lalu yang jadi korban ya rambut kita, akhirnya rambut akan kekurangan nutrisi untuk tubuh.

10. Pil KB (Kontrasepsi Hormonal)

Penggunaan pil KB akan menyebabkan perubahan hormonal androgen akan meningkat dan DHT juga akan meningkat dan menyebabkan miniaturisasi rambut.
Nah setelah kalian tahu penyebab kenapa rambut kalian rontok, kalian pasti kepo bagaimana cara mencegahnya kan? Yuk simak point – point pentingnya.

Cara Mencegah Rambut Rontok

WAJIB TAHU!!! Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Remaja

  1. Cuci rambut dengan air hangat saja kalau bisa kalian bilas dengan air dingin. Dan rambut yang basah biarkan mengering dengan sendirinya. Jangan terlalu sering menggunakan hari dryer. Boleh si pakai hair dryer tapi kira – kira 1 sampai 2 kali seminggu saja cukup.
  2. Jangan menyisir rambut ketika masih basah. Jangan juga menggosok rambut terlalu keras dengan handuk ketika masih basah. 
  3. Minimalkan mengikat rambut terlalu kencang. 
  4. Minimalkan juga menggunakan hair extention
  5. Minimalkan menggunakan bahan kimia untuk menjaga PH optimal rambut.
  6. Hindari sinar matahari, atau gunakan heat protector,
  7. Jangan malas keramas
  8. Stress management yang baik, rilex okey.
  9. Jangan diet yang berlebihan. Diet juga harus tetap makan sayur, buah, daging, telur, susu dan segala yang mengandung protein dan vitamin supaya kalian tidak kekurangan nutrisi dan siklus pertumbuhan rambut kalian tetap berjalan sesuai yang seharusnya. Coba bayangkan jika kalian kurus tapi botak, haha.
  10. Konsultasi ke DPJP tentang pil KB bagi ibu ibu atau mba mba yang menggunakan pil KB. Karena beliau lebih mengerti kondisi kesehatan kalian. 

Point yang ke 10 memang tidak terjadi pada remaja tapi setidaknya sebelum kalian menggunakannya kalian sudah tahu terlebih dahulu tentang penyebab karna pil KB.

InsyaAlloh informasi ini bermanfaat untuk kalian, kalau kalian terapkan dikehidupan sehari – hari.
Sumber : https://s.id/lwVrk
Pemesanan Hubungi :
   

0852-3610-0050
Respon Cepat


No komentar yet. Add your komentar now!

Post a comment


 


Info Pembayaran